Kapan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi?
Kapan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi?
by Gordi Team

Pada umumnya, kebanyakan orang akan langsung memesan atau membuat secangkir kopi di pagi hari. Ada yang bilang mereka belum bisa fokus jika belum minum kopi bahkan ada juga yang merasa pusing jika tidak segera mencicipi kopi beberapa saat setelah bangun tidur.

Menurut artikel dari The Washington Post, terdapat beberapa manfaat dari secangkir kopi yang baik untuk kesehatan manusia. Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, kopi juga dikenal sebagai pereda stress serta mampu mengurangi resiko penyakit kanker sebanyak 2 hingga 20 persen.

Namun, tahukah Anda kalau waktu untuk menikmati kopi dapat menambah atau bahkan mengurangi manfaat dari kopi tersebut? Menurut riset Steven L. Miller, Ph.D di tahun 2013, menyatakan ternyata ada waktu yang ideal untuk minum kopi.

Terdapat sebuah bagian dalam otak manusia yang disebut suprachiasmatic nucleus (SCN) yang mengatur hormon Kortisol dan berperan untuk mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi oleh cedera, aktivitas berat, serta stres fisik dan emosional. Meminum kopi saat SCN sedang melepaskan hormon Kortisol dapat membatasi efek positif dari kopi tersebut dikarenakan tubuh kita sedang dalam kondisi ‘siap siaga’. Kita dapat mengasumsikan kalau secangkir kopi dipadukan dengan hormone Kortisol dapat mengakibatkan stres yang berlebih dan itu tidak baik untuk kesehatan Anda.

Jika Anda terbiasa bangun jam 6:30 pagi, berarti secara rata-rata hormon Kortisol akan bekerja secara maksimal pada pukul 8–9 pagi, 12–1 siang dan berakhir di 5:30–6:30 sore hari. Lalu kapan seharusnya kita menikmati secangkir kopi? Waktu yang disarankan untuk meminum kopi ternyata adalah antara pukul 9:30–11:30 di pagi hari.

Jika Anda bingung cara mengetahui kapan hormon Kortisol dalam tubuh bekerja, cukup tambahkan 3 jam setelah waktu Anda terbiasa bangun di pagi hari dan silahkan menggunakan tulisan diatas sebagai pedoman ya.



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Gordi Blog

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?
Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Cita rasa kopi di setiap biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya, salah satu rasa kopi yang sering muncul adalah rasa berries. Tentunya dalam hal...
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling
5 Kopi Daerah Yang Harus Anda Coba Ketika Traveling

Menikmati sajian kopi tidak hanya bicara soal kopi spesialti saja. Sebagian masyarakat masih menikmati dan mempertahankan eksistensi dan cita rasa kopi olahan tradisional yang diracik menggunakan bahan tambahan lainnya. Uniknya, di setiap wilayah...
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik
Cara Menikmati Kopi Saat Mudik

Saatnya mempersiapkan diri untuk mudik lebaran! Pakaian, transportasi, uang, dan kopi! Kopi adalah elemen yang tidak bisa dilewatkan oleh penikmat kopi di mana pun berada. Ada beberapa cara untuk menikmati secangkir kopi hitam saat...